Tuesday 15 March 2016

Hidup Hanya Sekali, Berikut 18 Cara Menjadi Orang Sukses

Assalamualaikum..

mario teguh sukses


18 Cara Menjadi Orang Sukses


Anda Harus Merencanakan untuk Sukses

Rencanakan kesuksesan Anda

Imajinasi lebih penting daripada pengetahuan. Apabila Anda membayangkan kesuksesan Anda dengan akurat, akan lebih mudah bagi Anda untuk merealisasikannya. Ibarat seorang arsitek yang pertama kali membayangkan sebuah jembatan lalu membangunnya, Anda bisa menjadi arsitek kesuksesan diri Anda sendiri.

Tentukan tujuan hidup

Anda akan bisa sukses, bila mengerjakan hal-hal yang Anda sukai atau dengan kesadaran diri (self awareness). Bagian dari self awareness adalah motif yang mendorong gairah dan tingkah laku Anda. Identifikasi tujuan Anda, dengan mencari hal-hal yang memberikan kepuasan dalam hidup Anda.

Definisikan makna kesuksesan bagi Anda

Anda tidak dapat sukses, jika tidak mengetahui makna kesuksesan menurut diri Anda sendiri. Definisi sukses bagi setiap orang berbeda-beda. Buat tujuan yang jelas dan bersikaplah realistis.

Prioritas ulang

Tulis bujet waktu yang menunjukkan apa yang telah Anda kerjakan minggu lalu dan berapa lama pengerjaannya. Pertimbangkan di mana Anda banyak menghabiskan waktu dan usaha Anda. Apakah investasi waktu Anda menjamin usaha yang telah Anda lakukan. Ini termasuk waktu yang dihabiskan untuk pengembangan diri dan hubungan profesional, yang berperan penting dalam kesuksesan Anda.

Identifikasi segala hal terkait tujuan Anda

Identifikasi skill, materi, dan segala sesuatu terkait tujuan jangka pendek Anda, yang akan menentukan tujuan jangka panjang Anda nantinya.

Bangun rasa ingin tahu tentang kehidupan

Banyak orang sukses memiliki rasa ingin tahu yang tak terpuaskan. Mereka ingin mengetahui  jawaban atas sebuah pertanyaan atau bagaimana sesuatu hal dikerjakan. Proses perjalanan untuk mendapatkan jawaban ini tak kalah pentingnya dengan tujuan akhir itu sendiri.

Identifikasi skill yang bisa Anda asah sendiri dan skill yang harus Anda ‘outsourcing’

Bedakan dengan jelas, skill mana yang bisa Anda tingkatkan, namun ingat bahwa Anda bukan superman atau superwoman. Jika ada skill yang di luar kemampuan Anda, lebih baik Anda meminta bantuan orang lain.

Tahap Pelaksanaan

Laksanakan tujuan kecil dan fokus pada tujuan yang besar

Pecahkan tujuan utama Anda menjadi tujuan yang lebih kecil dan laksanakan. Dengan merealisasikan tujuan kecil, tujuan utama Anda tidak akan terlihat sulit dan berat untuk dicapai.

Jauhkan segala hal yang mengganggu untuk fokus pada tujuan Anda

Memang tidak mungkin fokus 100% pada tujuan dengan 100% waktu Anda. Gangguan kecil tidak masalah, namun apabila mulai mengganggu tujuan utama, Anda perlu segera menyingkirkannya.

Berada di lingkungan orang-orang sukses

Jika Anda berada di lingkungan orang sukses, itu akan sangat mendorong keberhasilan Anda. Bisa saja mereka memiliki koneksi yang akan memperluas jaringan Anda. Berada di antara orang sukses akan membuka jalan yang membawa budaya sukses bagi Anda.

Cari seorang mentor yang bisa membantu

Seorang mentor biasanya orang yang sedikit lebih berpengalaman daripada Anda dan mereka biasanya berada di balik orang-orang sukses. Mereka akan membantu Anda dalam hal networking (menghubungkan Anda dengan orang yang memiliki koneksi), troubleshoot (dengan memecahkan masalah dan membuat ide Anda menjadi lebih baik) serta membantu strategi Anda dalam mencapai sukses dengan pengalaman keberhasilan dan kegagalannya.

Kumpulkan informasi sebanyak mungkin

Dengarkan, pelajari, pahami, kuasai, dan ulangi. Itulah informasi yang harus Anda manfaatkan bagi pembelajaran diri. Jangan pernah mematikan keinginan untuk terus belajar, karena manusia bisa melihat dunia luar dan menghubungkannya sehingga mampu membuat dirinya lebih cerdas.

Berani mengambil risiko

Keluar dari zona nyaman Anda, jangan menunggu kesempatan datang. Orang sukses berpikir dan bertindak besar. Orang sukses berani berinvestasi, baik dalam karir, bisnis dan pendidikan mereka. Sementara setiap investasi besar selalu melibatkan risiko. Pelajari risiko tersebut dan lihatlah kendalanya serta ambil langkah-langkah untuk mengatasinya. Bersikaplah berani.

Pecahkan masalah

Orang sukses terdorong untuk memecahkan setiap permasalahan apapun. Dengan memecahkan masalah, Anda akan mengalami kemajuan. Tidak peduli Anda sedang berada di mana dan apa yang sedang Anda lakukan, lihatlah sekitar Anda dan cobalah untuk berkontribusi. Anda bisa memilih masalah yang menarik minat Anda, antara lain masalah sosial, strategi, teknis, ataupun interpersonal.

Manfaatkan teknologi dan jangan biarkan teknologi mengendalikan Anda

Penguasaan teknologi akan memberikan dukungan yang hebat pada tujuan kesuksesan Anda. Dengan teknologi internet misalnya, Anda bisa berkomunikasi dengan orang-orang kompeten di seluruh dunia. Manfaatkanlah teknologi yang Anda kuasai namun jangan sampai terjebak oleh teknologi internet tersebut, misalnya Anda malah membuang waktu untuk bermain games.

Tahap Mengulangi Kembali

Bersikaplah gigih

Jangan pernah menyerah jika usaha pertama Anda gagal. Jangan pernah membiarkan kegagalan menentukan nasib Anda, serta jangan pernah beralasan dengan mencari kesalahan orang lain atas kegagalan Anda. Kegagalan Anda merupakan kesempatan bagi Anda untuk belajar agar tidak terulang kembali.

Terimalah bahwa hidup itu terkadang tidak adil

Berhenti membuang waktu memikirkan bahwa hidup ini memang tidak adil. Lebih baik berpikir bagaimana menggunakan situasi agar dapat menguntungkan Anda.

Ingat bahwa sukses tidak menjamin kebahagiaan

Sukses bisa diartikan bahwa Anda telah mencapai tujuan, namun jangan menganggap bahwa sukses akan membawa kebahagiaan. Kepuasan dan pencapaian hidup lebih tergantung pada “bagaimana pendekatan hidup Anda,” alih-alih “apa yang Anda lakukan dalam hidup ini.”
Begitulah 18 cara menjadi orang sukses yang bisa Anda contoh dari orang-orang yang telah sukses. Anda sebaiknya selalu bersikap positif dalam segala situasi, lalu lihatlah.  Anda akan terkejut melihat bagaimana pemikiran positif akan mengarahkan tindakan Anda, dan bukan yang lain. Jika gagal, bergembiralah karena Anda memiliki kesempatan untuk bisa lebih sukses lagi.

semoga bermanfaat..
INFO DARI

0 Comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas komen anda.